tutorial ulead

28 11 2008

“belajar editing video dengan ulead video studio yuk……..
sebuah moment penting yang kita abadikan dalam sebuah video akan alangkah indah dan cantiknya bila kita beri sedikit sentuhan animasi dan efek sebelum kita publikasikan.salah satu program untuk editing video yang mudah penggunaanya dan syarat dengan banyak animasi dan efeknya adalah ulead video studio.
” baiklah…ibu-ibu,kita belajar step- by step cara mengolah ulead ini!!”
pertama-tama………..
– siapkan alat dan bahan-bahannya ( ulead & hasil rekaman video )
– nyalakan kompor dengan api sedang ( nyalakan komputer maksudnya!”)
– masukkan satu per satu bahan kedalam penggorengan ( install program ulead&masukkan hasil rekaman video kedalam komputer )
” sekarang kita aduk pelan-pelan satu per satu materinya……

bukavideo

memasukkan video kedalam storyboard
pilih load video pada menu sebelah kanan project clip.setelah masuk dalam gallery video,pilih video tahan dan geser kearah storyboard/timeline.

membagi video/multi-trim video

pilih video yang ada pada storyboard,pada menu edit pilih multi-trim video (muncul jendela multi trim viedo) trimming video uleadklik start/tentukan posisi start lalu play video / dengan digeser trus end (untuk mengakhiri pemotongan).untuk menentukan posisi start lagi geser sedikit/beri jarak waktu dengan proses yang pertama 1 detik dan mulai trim lagi start dan akhiri dengan end.dst…
setelah proses trim video selesai klik ok

split audiomemisah suara atau split audio
pilih video yang ada pada storyboard.klik kanan pilih split audio (akan ditampilkan dalam bentuk timeline dengan posisi suara terletak divoice track) untuk menghapusnya pilih suara tersebut lalu delete.

memasukkan/insert audio
terdapat dua jenis audio didalam ulead.yaitu voice track dan music track.untuk voice track ( suara pemain) bisa dilakukan dengan dubbing/proses perekaman.pada ulead disediakan fasilitas untuk perekaman insert suaratersebut yaitu record voice,dengan tambahan sebuah microfon kita bisa dubbing langsung dari ulead / dengan bantuan program lain seperti audacity,soundforge dsb.music track(suara background) dapat digunakan music dengan jenis mp3.

insert transisi
transisi adalah animasi yang digunakan untuk perpindahan antar klip.tererletak diantara klip.terdapat berbagai macam transisi yang disediakan oleh ulead.pada jendela menu sebelah kanan pilih transition dan transitiondan pilih kategori model yang disediakan.(3d,album,build, fx dsb…)setelah pilih2 yg bagus klik tahan geser kearah storyboard letakkan diantara klip.

insert teksinsert teks
menambahkan sebuah tulisan/teks kedalam klip video.pilih klip pada menu storyboard pilh menu title dan klik 2x pada project window dan mulai tuliskan kata-kata.setelah selesai tambahkan animation /teks backdrop di menu title.atur dan edit animation teksnya.

insert video filter
video filter digunakan untuk membuat animasi efek pada klip video..ulead meneyediakan berbagai macam jenis video filter untuk diaplikasikan pada klip seperti:old film,charcoal,duotone dan masih banyak lagi.untuk menggunakanya, pada menu sebelah kanan pilih video filter.klik tahan dan geser satukan kearah video-filterklip video pada storyboard.untuk menghapus video filter pilih klip yg telah dikasih video filter,pilih menu edit,pilih tab filter dan klik tanda X (delete filter)

menyimpan file (share)
sebelum kita menyimpan file video yang sudah kita edit alangkah baiknya bila kita mengenal dulu apa itu PAL dan NTSC
sekilas tentang PAL dan NTSC
* PAL (Phase Alternate Line)
adalah sistem video yang terdiri dari gabungan 2 garis Alternatif antara garis ganjil (Odd Field) dan genap (Even Field), kedua garis tersebut membentuk sebuah Interlaced video dalam jumlah garis 625 lines, dan membentuk Frame Size 720×576 Pixel (Picture Element) atau 7,2×5,7 Cm dalam ukuran frame. Time base atau rangkaian gambar dalam satuan waktu dalam sistem PAL menggunakan 25 FPS (Frame per Second) atau GPD (Gambar per detik). Sedangkan Aspect Ratio perbandingan antara Lebar dan tinggi Frame adalah 4×3 atau 1:1,33 yang berarti jika dalam 1 inch tinggi Frame, maka lebar akan menjadi 1, 3 inch
PAL system itu sendiri banyak di gunakan di Asia dan Eropa, kecuali Jepang.

*NTSC (National Television Standard Committe)
adalah sistem video yang terdiri dari gabungan 2 garis Alternatif antara garis ganjil (Odd Field) dan genap (Even Field), kedua garis tersebut membentuk sebuah Interlaced video dalam jumlah garis 525 lines, dan membentuk Frame Size 720×480 Pixel (Picture Element).
Time base atau rangkaian gambar dalam satuan waktu dalam sistem NTSC menggunakan 29,97 atau pembulatan menjadi 30 FPS (Frame per Second) atau GPD (Gambar per detik). Sistem NTSC digunakan di Amerika dan Jepang.
Selain dua Sistem tersebut masih ada sistem lainnya yaitu SECAM (Sequence Color Avec Memoire) yang di gunakan oleh perancis, dan negara-negara timur tengah.http://www.digitalstudio.co.id
untuk indonesia kita gunakan PAL.

klip video yang telah selesai kita edit,maka akan kita simpan dalam sebuah bentuk format video.didalam ulead video disediakan berbagai macam format video.pada menu share pilih create video file.tentukan pilhan format video,pilih custom tentukan format videonya dan save/simpan.

🙂 akhirnya selese juga mbuat tutorial ini,walaupun sederhana dan masih banyak kekurangannya.

waktunya buat bobok sekarang….!”

Advertisements

Actions

Information

34 responses

31 05 2009
afina

thanks yah buat tutorialnya, tapi minta tolong dong diterangin tentang advanced editing. good job

10 09 2009
rina septtiani

thx buat tutorialnya,,.. mudah dan sangat membantu

10 09 2009
rina septtiani

makasi.. sangat membantu

6 01 2010
Ibu2 PKK (welas asih)

Niy dari ibu PKK………………… (Kota Papua) ^^

Blognya kurang Mateng jadi agak mentah ( maksudnya kurang banyak isinya )

6 01 2010
Ibu2 PKK (welas asih)

OH ya…………….. tolong kasih tau caranya secara Detail……….. kirim @mailnya ke fr0nt4l_jr@yahoo.co.id

15 03 2010
TAmriN PLAyBoY

KLo LinK Untuk DownLOad VIDeO FiLTErnyA … DmnA y?

27 04 2010
Bisnis halal

Yah lumayan dapet tambahan ilmu…
namun lebih baek kalo lebih detail lagi biar yang masih “bodo” ini bisa mgeikutin
n..
baeknya ada file download, biar bs didownload gak perlu kelamaan di depan komputer..
Thanks…

3 05 2010
widy utomo

terima kasih tutorialnya kakang

5 05 2010
alpy

permisi om, gimana ya bikin efek frame yang bergerak2 seperti pada video pre-wedding om ane tuh videonya gambar bergerak gerak, ada yang slide naik turun kiri kanan, ada yang gambarnya didalam bunga terus ada yang dalam lonceng bergerak2.. maaf banyak nanya

19 05 2010
yuyun

bisa ksh info tentang insert video filter g’??????????

8 07 2010
kiminuklir

thx infonya, mas 😀

2 08 2010
Faisal

Mas kLo ngaTur Timing_Y c (misaLkan bikin fhoTo sLide) bisa secara oTomatis g….???
Thx……..

31 08 2010
Wulan

em, saya mau nanya, bsia tuturin mengenai overlay ga? saya lagi butuh banget. thanks before

29 10 2010
Junior

Makasih sebelumnya,
ketika memutar video2 yang ada di storyboard ternyata audionya terpotong untuk tiap video..
apakah ada cara untuk masukin video di stboard agar tidak terpotong audionya?
ato ada solusi lain?
Terima kasih.

30 10 2010
bagoeze

serial numbernya berapa ya?

27 11 2010
Carolina

wah,,,,, ‘tutorial ny ngebantu banget.
thx yah?

oh ya, ada gag tutorial magix video editor ? kalo ada, kabar“ yah ? hehe
🙂

27 11 2010
dewdew

thank ya tutorialnya n skalian software full versi + cracknya dwong hehehe..
btw thank n good job !!

5 05 2011
satria

wah,,,,, ‘tutorial ny ngebantu banget.
thx yah?

oh ya, ada gag tutorial magix video editor ? kalo ada, kabar“ yah ? hehe 🙂

10 05 2011
Rahmi

maksih ya…..
keren uga…..buat pemula seperti aku,,…

12 05 2011
sigit

download di 4shared ya?”ketik aja ulead trus search.

9 06 2011
Faiz Suchao

makasih..cara memotong videonya gimana yak?

20 10 2011
syafputra

biar lebih mahir mending coba sendiri gan,,kawkawkaw

20 10 2011
syafputra

NH BUKA LINK PENGOPRASIAN YANG LEBIH LENGKAPNYA,,,

24 10 2011
uungferi

thanks sharingnya,…. salam

13 01 2012
eflin bira

wa………….tutorial ulead.bgus sekali.

13 01 2012
Gue Nag TUHAN

tutorial ulead nya
oke…………..

13 01 2012
grace wenno

oooooooooooo…………..yah.apa benar.

17 01 2012
djsoulout

ty gan infonya… 😀

9 04 2012
iffa

thanx ea about tutorial’a

9 04 2012
neneng

saya cuman bisa ngomomg thank’s ea I like it …………..

9 04 2012
iffa

like it

23 04 2012
ekarahmansyah

gan, saya mau nanyak ni, knapa setelah selesai meng create videonya, gerak antara mulut dan musik ada yg gak sama(pada video klip)

24 05 2012
enda

tq gan infonya…

8 12 2012
imat ruhimat

makasih ya kak…sangat membantu sekali…aku lagi berambisi membuat video dan akhirnya saya menemukan juga guide untuk membuat videoku…makasih banget sekali lagi yah… 🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: