tutorial jaringan komputer,bagian I

8 01 2009

belajar cara membuat jaringan komputer yuk..?”mau?mau?mau? “habis gelap terbitlah jaringan…hehe…maksudnya karena bingung mo posting tentang masalah apa,jadinya terbitlah jaringan?! “sama-sama belajar yuk?”…………..

jaringan komputer

merupakan kumpulan beberapa komputer dan peralatan lain yang saling terhubung.hubungan tersebut dapat melalui media kabel atau gelombang radio, bluetooth, infrared dan satelit.setiap perangkat yang terhubung disebut NODE

terdapat beberapa jenis jaringan komputer
LAN (local area network)

MAN(metropolitan area network)

WAN(wide area network)

dilihat dari aksesnya
jaringan client-server (jenis jaringan yang terdapat komputer sebagai server dan client/workstation)
jaringan peer to peer (jenis jaringan yang hanya menggunakan 2 komputer,tidak ada server/client)
komponen pembentuk jaringan komputer
yang pertama harus jelas ada adalah komputer,2 komputer atau lebih

* LAN card/ kartu jaringan

* kabel jaringan

* konektor

* HUB

gambarnya ntar ya menyusul…?” alat-alat jaringan masih dipinjem ma temen!! šŸ™‚
topologi jaringan
Merupakan konfigurasi tentang bagaimana menghubungkan komputer secara fisik sehingga membentuk sebuah jaringan.
macam-macam topologi :
topologi bus
komputer dan workstation dihubungkan secara berantai melalui kabel tunggal.topologi ini mudah dikembangkan dan sederhana,namun bila salah satu workstation mati maka yang lain akan terpengaruh.
topologi ring
topologi ini sama dengan topologi bus yang membedakan adalah pada topologi ring ujungnya saling berhubungan membentuk lingkaran cincin.data mengalir searah,semua komputer dapat mengaksess semua informasi yang lewat sehingga bila satu rusak maka berpengaruh kesemua jaringan/komputer lain.
topologi star
setiap komputer/workstation dihubungkan melalui media perantara yaitu sebuah hub/switch.
topologi tree
Mirip dengan topologi star yang ditambahkan, tetapi system di-link ke sebuah computer yang mengontrol traffic dalam topologi.
topologi mesh
Semua computer yang terhubung adalah sentral atau node. Setiap computer sentral ini terhubung secara penuh.
topologi extended Star
Merupakan topologi star yang dikembangkan. Berupa link-link individual yang dihubungkan pada hub-hub/switch secara terkonsentrasi
topologiĀ  Daisy/Chain/Loop
Merupakan evolusi dari topologi bus dan topologi ring yaitu setiap simpul terhubung langsung ke dua simpul lain melalui kabel dan membentuk saluran, bukan lingkaran utuh.
dalam membangun sebuah jaringan adakalanya tidak hanya memakai satu topologi saja, tetapi ada yang menggunakan gabungan dari beberapa topologi sesuai dengan sikonnya.

Advertisements

Actions

Information

11 responses

9 01 2009
Maestro Komputer

Artikel yang bagus, hanya mungkin perlu di lengkapi agar lebih mudah dimengerti. Maju terus…!

12 01 2009
luvsigit

“terimakasih maturnuwun…kita sama2 belajar, artikel tersebut nanti ada lanjutannya & disertai donlotan powerpoint yg ada animasinya tentang merangkai kabel jaringan.

13 02 2009
Budhi Hartojo

saya tunggu kelanjutannya masss

24 02 2009
temon

perlu ada koreksi dikit mas…

“jaringan peer to peer (jenis jaringan yang hanya menggunakan 2 komputer,tidak ada server/client)”

untuk jaringan peer to peer tidak di batasi 2 komputer saja. peer to peer bisa lebih dari 2 komputer. hanya saja tidak seperti client server, bedanya kalo peer to peer tidak ada satu komputerpun yang hanya menjadi penydia jasa (server),

contohnya jaringan pada add hok (wifi), tidak ada komputer servernya… dan bisa lebih dari 4 komputer di dalamnya…

mohon maaf kalo ada tutur kalimat yang kurang sopan…
wassalam

25 02 2009
luvsigit

ini yang saya tunggu…..pelengkap artikel yang sangat bagus dari mas temonnn.waaahhh lama juga gak buka blog ini, sibuk ngurusin sapi yang lagi hamil….jadi belum bisa nglanjutin tuk sementara.

26 03 2009
lathif

yachhh….. capek dechh
piye sapine wes lahir? cowok po cewek?
brokohan gak undang undang….!

18 04 2009
reno

boy aq minta dunk tutorial jaringan komputer yg komplit yach..” maklum masih belajaran nech.

21 05 2009
yanuar

thank’s untuk informasinya

13 06 2010
Fajar

bagus-agus pak…isinya….

28 04 2013
resep masakan

blog walking .. baca artikel artikel yang sangat bermanfaat untuk menambah wawasan.. sekalian berharap dapet kunjungan balik dari para master

22 01 2014
Program Logistik

Terima kasih atas sarannya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: